Pengaruh Tingkat Pendidikan, Sistem Pengendalian Internal dan Pelatihan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan BUMDes (Studi kasus BUMDes di Kabupaten Buleleng)

Cahyani, Ida Ayu Praami Shintia (2023) Pengaruh Tingkat Pendidikan, Sistem Pengendalian Internal dan Pelatihan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan BUMDes (Studi kasus BUMDes di Kabupaten Buleleng). Undergraduate thesis, Univeritas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1917051165-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1917051165-ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917051165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (662kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917051165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1917051165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917051165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1917051165-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917051165-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1917051165-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Riset ini bersasaran guna mengidentifikasi imbas tingkat pendidikan, sistem pengendalian internal, dan pelatihan pada kualitas financial statement BUMDes di Kabupaten Buleleng. Berlandaskan impak observasi awal, periset mendapatkan keterangan masih beragam BUMDes yang mengimplementasikan kekeliruan pencatatan, lantas ada ketidakseimbangan (tidak balance) pada financial statement BUMDes. Hal itu dikarenakan tenaga kerja yang bertugas di bagian finansial bukan dari latar belakang edukasi akuntansi. Faktor lain yang berimbas pada yakni minimnya pembinaan pada tenaga kerja imbas jarang diikut sertakan dalam pelatihan dan masih ada tenaga kerja yang tugasnya merangkap, lantas keberadaan keterlambatan penyelesaian. Hal itu didukung dengan keterangan yang didapat dari Dinas Pemberdayaan Rakyat Desa masih beragam BUMDes yang terlambat mengumpulkan financial statement. Metode riset yang diaplikasikan yakni metode riset kuantitatif dengan statistik primer yang didapat dari statistik kuesioner yang ditaksir mengaplikasikan skala likert. Populasi riset ini yakni seluruh tenaga kerja BUMDes di Kabupaten Buleleng. Teknik pengambilan sampel yang diaplikasikan pada riset ini yakni purposive sampling dengan total informan 60 informan. Teknik analisis statistik yang diaplikasikan yakni uji regresi linear berganda yang ditaksir dengan bantuan program SPSS versi 25.0. impak riset ini mengutarakan (1) Tingkat pendidikan berimbas positif bermakna dan simultan pada kualitas laporan keuangan, (2) Sistem Pengendalian Internal berimbas positif bermakna dan simultan pada kualitas laporan keuangan, dan (3) Pelatihan berimbas positif bermakna dan simultan pada kualitas laporan keuangan. Berlandaskan impak yang sudah diuraikan, lantas saran pada riset ini yakni bagi periset selanjutnya, BUMDes di Kabupaten Buleleng bisa juga menaikkan kualitas financial statement bukan hanya dengan memperhatikan faktor tingkat pendidikan, sistem pengendalian intenal, dan pelatihan, imbas imbas ketiga faktor itu pada kualitas financial statement pada BUMDes di Kabupaten Buleleng hanya 68,0%, masih ada 32,0% lagi faktor-faktor lain yang mesti diperhatikan guna bisa menaikkan kualitas financial statement misalnya pengalaman kerja, pefungsian teknologi keterangan, kualitas SDM dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas laporan keuangan, tingkat pendidikan, sistem pengendalian internal, pelatihan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: Ida Ayu Praami Shintia Cahyani
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:41
Last Modified: 20 Jul 2023 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item