Tarisna, Made Meri (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN IPA TEMA 5 DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041044-COVER.pdf Download (198kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041044-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041044-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kesediaan media pembelajaran IPA masih terbatas yang berdampak pada hasil belajar siswa kurang, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan bangun dan menghasilkan E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Pembelajaran pada muatan IPA Tema 5 Kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektivitasnya terhadap hasil belajar IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini penelitian dan pengembangan dengan metode pengumpulan data kuesioner dan tes, subjek penelitian E-LKPD sebagai media, ahli, dan siwa. Instrument penelitian berupa kuisioner validitas, kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPAS. Analisis data menggunakan uji-t yaitu paired samples test. Hasil penelitian adalah validitas E-Modul melalui ahli materi 95,83% sangat valid, validitas ahli media 90,83 % sangat valid. Kepraktisan oleh guru 94,61% digunakan serta kepraktisan oleh siswa 89,23% dengan kategori sangat praktis dan layak dugunakan. Simpulan LKPD Berbasis Project Based Learning pada Pembelajaran pada muatan IPA Tema 5 Kelas V Sekolah Dasar efektif meningkatkan rata-rata hasil belajar IPAS. Implikasi dari adanya penelitian ini e-modul meningkatkan hasil belajar IPA serta siswa mampu berfikir secara kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, lembar kerja siswa, project-based learning, pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Made Meri Tarisna |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 09:22 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 09:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16231 |
Actions (login required)
View Item |