PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Pratiwi, Kadek Ayu Mutiara (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123011009-COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123011009-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123011009-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menghasilkan suatu media pembelajaran interaktif yang berorientasi Problem Based Learning yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu, Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assesment. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK N 1 Klungkung dengan rincian kelas XI BKM sebanyak 26 siswa pada uji coba terbatas, kelas XI AKKL I sebanyak 35 siswa pada uji coba lapangan I dan kelas XI OTKP I sebanyak 43 siswa pada uji coba lapangan II. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur validitas adalah lembar validasi media pembelajaran, instrumen kepraktisan media menggunakan lembar keterlaksanaan, angket respon siswa, dan angket respon guru sedangkan instrumen keefektifan adalah pre-test dan post-test. Data yang dikumpulkan dari instrumen penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berorientasi problem based learning yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran bersifat interaktif yang tidak hanya interaksi siswa dengan media, melainkan mendukung terjadinya interaksi antar siswa dan siswa dengan guru dalam proses belajar mandiri, disusun dengan berorientasi pada model pembelajaran Problem Based Learning, fitur yang tersedia seperti video pembelajaran interaktif, eksplorasi grafik, LKPD, kuis interaktif, dan evaluasi mendukung keterlibatan aktif siswa dalam belajar. Fitur media memuat permasalahan rutin untuk meningkatkan pemahaman konsep, masalah kontekstual dan HOTS untuk pelatihan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, serta terdapat bagian eksplorasi agar siswa mampu melakukan pengamatan untuk melatih kemampuan berpikirnya. Implementasi media dilakukan dengan mengacu pada sintaks Problem Based Learning yang kemudian dalam pelaksanaannya disesuaikan kembali dengan metode penggunaan media yaitu pembelajaran mandiri dan pembelajaran di kelas. Proses belajar mandiri dilakukan dengan eksplorasi video pembelajaran interaktif dan pembelajaran dikelas dilakukan dengan penegasan konsep serta penyelidikan kelompok melalui LKPD. Setiap proses belajar baik mandiri ataupun kelompok menekankan pelatihan pemecahan masalah. Dari proses implementasi diperoleh terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah terbukti melalui perkembangan cara penyelesaian masalah siswa di setiap pertemuan yang meningkat, dan dapat menyelesaikan masalah dengan benar serta sistematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Kadek Ayu Mutiara Pratiwi
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:14
Last Modified: 20 Jul 2023 07:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16260

Actions (login required)

View Item View Item