Hudaeni, Hudaeni (2023) GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS NW BENYER LOMBOK TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1614041014-COVER.pdf Download (741kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614041014-ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (462kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1614041014-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1614041014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614041014-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai – nilai karakter yang dapat di bentuk melalui ekstrakurikuler pramuka, metode yang digunakan dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka dan faktor yang menghambat pendidikan karakter melalui ektrakurikuler pramuka. lokasi penelitian ini bertempat di MTs NW Benyer Lombok Timur, dengan jumlah peserta didik 45 orang. Adapun Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis dengan metode intraktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, mereduksi data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 9 nilai-nilai karakter yang dapat di bentuk melalui ektrakurikuler pramuka yaitu: Nilai religius, disiplin, rasa peduli, peduli lingkungan, toleransi, jujur, kreatif, mandiri dan tanggungjawab.dalam pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan pramuka materi kepramukaan dengan menerapkan 4 metode kepramukaan diantaranya Learning by doing memudahkan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan sehingga dengan cepat menganalisis suatu ilmu karna di praktekkan langsung; kedua sistem berkelompok, bekerjasama dan berkompetisi, mendorong peserta didik untuk memiliki loyalitas yang tinggi dan juga dapat melatih diri mereka menjadi orang yang bertanggung jawab dan lebih menghargai waktu dalam menyelesaikan tugasnya; ketiga kegitan yang menarik dan menantang, mendorong peserta didik memiliki rasa penasaran sehingga mereka mencoba melakukan sesuatu yang baru yang dapat menambah wawasan serta cepat dalam meyelesaikanya dengan maksimal; terakhir yang keempat kegiatan di alam terbuka mendorong peserta didik lebih mandiri dan memiliki sifat survival mampu menghadapi apapun keadaannya dan disiplin mentaati segala peraturan yang berlaku. Adapun factor penghambat dari pendidikan karakter tersebut adalah: kurangnya control dari kepala sekolah, lingkungan social yang kurang baik, kemajuan teknologi, dampak globalisasi, dan latar belakang pendidikan orang tua juga dapat berpengaruh pada tidak berkembangnya pendidikan karakter peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Pramuka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | HUDAENI |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:59 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16282 |
Actions (login required)
View Item |