Brilsana, Komang Deva Bayudi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Materi Karya Desain Dengan Model Blended Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051018-COVER.pdf Download (353kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051018-ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1815051018-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815051018-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051018-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada proses pembelajaran Desain Komunikasi Visual materi Karya Desain minimnya variasi pada media yang digunakan sehingga menyebabkan hambatan dalam proses pemberian materi dengan kurangnya variasi dan interaksi pada media yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif untuk mendukung proses pembelajaran dan dapat mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual materi Karya Desain dengan model Blended Learning di kelas XI mata pelajaran Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik dengan jumlah 35 orang kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja. Hasil proses uji ahli yang digunakan untuk mengembangkan media interaktif meliputi nilai rata-rata koefisien ahli isi, ahli media, dan desain sebesar 1,00 yang berada pada kriteria “Sangat Valid” serta nilai keefektifan media yang diperoleh. N-Gain sebesar 0,75 dengan kriteria “Efektif” serta nilai rata-rata respon siswa sebesar 62 dan respon guru sebesar 58 yang termasuk dalam kategori “Validitas Variabel”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Blended Learning, Karya Desain |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Komang Deva Bayudi Brilsana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 19:43 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 19:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16305 |
Actions (login required)
View Item |