Tamara, Kadek (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071042-COVER.pdf Download (731kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071042-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1613071042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1613071042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1613071042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071042-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelasakan karakteristik, tingkat validitas, tingkat kepraktisan serta tingkat keterbacaan lembar kerja peserta didik berpendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA kelas VIII materi sistem ekskresi pada manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan model Borg & Gall yang terdiri atas tahap (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan bentuk pendahuluan produk, (4) uji lapangan persiapan, serta (5) revisi produk utama. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, penilaian lembar validasi dan penyebaran angket. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan hasil data kuantitatif validitas dianalisis melalui Uji Gregory kemudian uji kepraktisan dan keterbacaan dianalisis menggunakan perhitungan skor rata-rata. Hasil uji validitas masuk dalam kategori validitas sangat tinggi dengan koefesien sebesar 1,0. Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru masuk dalam kategori sangat praktis dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 4,2 kemudian uji keterbacaan yang dilakukan peserta didik masuk dalam kategori sangat terbaca dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 4,6. Karakteristik LKPD berpendekatan saintifik yaitu (1) LKPD menggunakan tahapan 5M yang terdiri atas tahap mengamati, menanya, mengumpulkan data/melakukan eksperimen, mengasosisasi dan mengomunikasikan. (2) LKPD menyajikan fenomena-fenomena kontekstual yang didukung berupa uraian cerita. (3) LKPD berbentuk media cetak. Setelah melalui tahap perbaikan diperoleh LKPD berpendekatan saintifik yang terdiri atas siklus 5M. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD Berpendekatan Saintifik yang telah dikembangkan dapat dilanjutkan ke tahap uji lapangan utama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Sistem Ekskresi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | KADEK TAMARA SEPTIANI SUMADI |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16345 |
Actions (login required)
View Item |