PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD PGRI KOTA DENPASAR

Artini, Ni Putu Satya Sai (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD PGRI KOTA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129041042 -COVER)
2129041042-Cover.pdf

Download (710kB)
[img] Text (2129041042 -ABSTRAK)
2129041042-Abstrak.pdf

Download (690kB)
[img] Text (2129041042 -BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041042-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (385kB)
[img] Text (2129041042 -BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041042-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (2129041042 -BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041042-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (2129041042 -BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041042-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (2129041042 -BAB 5 PENUTUP)
2129041042-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (2129041042 -DAFTAR PUSTAKA)
2129041042-Daftar Pustaka.pdf

Download (457kB)
[img] Text (2129041042 -LAMPIRAN)
2129041042-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes HOTS Tema 6 Panas dan Perpindahannya yang memenuhi persyaratan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan probabilitas siswa menjawab benar. Tes yang dikembangkan terdiri dari 35 butir soal pilihan ganda pada ketrampilan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Model pengembangan yang digunakan adalah formative research yang terdiri atas tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (sel evaluation, tahap pembuatan prototipe (prototyping), dan tahap uji coba lapangan (field test). Subyek uji coba adalah 40 orang siswa kelas V. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa: 1) semua butir memenuhi validitas isi, 2) nilai konsistensi internal berkisar antara 0,328 hingga 0,678 yang berarti keseluruhan butir dapat mengukur secara konsisten apa yang seharusnya diukur, 3) koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,95 termasuk dalam kategori tinggi, 4) indeks daya beda perangkat tes perangkat tes 11 butir soal cukup, 19 butir soal baik dan 5 butir soal sangat baik. 5) taraf kesukaran butir tes yang diperoleh yaitu 17% tergolong mudah, 42% tergolong sedang, dan 37% tergolong sukar.6) analisis pengecoh berkisar 5% dengan kriteria baik Hasil probabilitas siswa menjawab benar menggunakan teknik IRT pada tingkat kemampuan peserta 0,5 menunjukkan kemampuan peserta menjawab benar dan salah sama. Pada Teori Respon Butir 2 Parameter Logistik, terdapat 12 butir soal yang tidak cocok dan 23 butir tes yang cocok. Jika dipersentasekan maka terdapat 65,71% butir tes yang cocok. Hal ini menandakan bahwa Tes HOTS cocok diuji dengan menggunakanBABI Teori Respon Butir 2 Parameter Logistik dan tes yang diberikan mampu mengukur kemampuan siswa dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrument Tes HOTS, IRT 2 Parameter Logistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI PUTU SATYA SAI ARTINI
Date Deposited: 19 Jul 2023 07:33
Last Modified: 19 Jul 2023 07:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16366

Actions (login required)

View Item View Item