Martana, I Putu (2023) Analisis Sosiologis Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah di Desa Kertha Buana dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814091031-COVER.pdf Download (754kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814091031-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814091031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814091031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1814091031-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814091031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814091031-LAMPIRAN.pdf Download (993kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) faktor penyebab siswa putus sekolah di Desa Kertha Buana, (2) dampak yang ditimbulkan dari adanya fenomena putus sekolah di Desa Kertha Buana, (3) aspek-aspek yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan teori atau konsep putus sekolah, analisis sosiologi dan sumber belajar. Lokasi pebelitianini di Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) faktor penyebab siswa putus sekolah di Desa Kertha Buana ada dua yakni faktor internal seperti rendahnya minat belajar pada siswa dan mengidap penyakit, dan faktor eksternal seperti ekonomi, lingkungan sosial, kenakalan remaja, dan bullying, (2) dampak yang ditimbulkan oleh siswa putus sekolah yaitu terbatasnya wawasan, menjadi pengangguran, kenakalan remaja, dan mental menjadi pengemis, (3) fenomena putus sekolah di Desa Kertha Buana dapat dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Putus Sekolah, Pendidikan, Sumber Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | I Putu Martana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 07:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16432 |
Actions (login required)
View Item |