Pengembangan Video Animasi berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia tahun ajaran 2022/2023

Situmorang, Eka F. (2023) Pengembangan Video Animasi berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021035-COVER.pdf

Download (252kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021035-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BA 2 KAJIAN TEORI)
1911021035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021035-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menciptakan materi video animasi berbasis Problem Based Learning yang sesuai untuk pembelajaran IPS tentang Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia; (2) menentukan proses pengembangan dan validitas video animasi berbasis PBL; dan (3) mengetahui seberapa efektif penggunaan video pembelajaran berbasis PBL di SDN 1 Padangbulia. Jenis penelitian ini ialah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE dan mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil uji coba ahli teknologi pendidikan dengan skor 90% dengan kualifikasi sangat baik menunjukkan validitas pengembangan video animasi berbasis masalah berbasis pembelajaran pada mata pelajaran IPS melalui: (a) hasil evaluasi ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (b) hasil evaluasi ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,5%), dan (c) hasil evaluasi ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba ahli teknologi pendidikan dengan skor 90% dengan kualifikasi sangat baik menunjukkan validitas pengembangan video animasi berbasis PBL pada mata pelajaran IPS. Hasil uji coba ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,5%), ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,3%), dan uji coba individu dengan kualifikasi sangat baik (90%). Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis Problem Based Learning untuk pelajaran IPS valid dan berkualitas tinggi, dan layak digunakan selama proses pembelajaran. Dalam mata pelajaran IPS, video animasi berbasis PBL menunjukkan hasil belajar yang efektif. Nilai pre-test rata-rata adalah 56,82, dan nilai post-test rata-rata adalah 83,64. Setelah menghitung tabel output uji dua sampel T, diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 kurang dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Akibatnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Padang bulia pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2022/2023 sebelum dan sesudah menggunakan video animasi berbasis Problem Based Learning. Kata kunci: Video Animasi, Problem Based Learning, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Eka F. Situmorang
Date Deposited: 20 Jul 2023 11:43
Last Modified: 20 Jul 2023 11:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16447

Actions (login required)

View Item View Item