Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Legenda Patung Sigale-Gale

Sembiring, Lora Elfira Br (2023) Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Legenda Patung Sigale-Gale. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051082-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051082-ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051082-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara multikultural dimana Indonesia memiliki banyak ragam agama, ras, suku, dan bahasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan adat istiadat masing-masing. Namun, kenyataan yang terjadi saat ini adalah lemahnya pemahaman serta peran generasi muda dalam menjaga dan melestarikan budaya daerah masing-masing. Film Animasi 3 Dimensi Legenda Patung Sigale-gale menceritakan tentang awal mula dibuatnya Patung Sigale-gale. Patung Sigale-gale merupakan sebuah patung perwujudan dari seorang anak kesayangan raja yang tewas di medan perang. Legenda Patung sigale-gale ini mengandung nilai sejarah, budaya, dan nilai moral yang perlu diketahui oleh Masyarakat Khususnya Generasi Muda saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengembangkan film animasi 3 dimensi “Legenda Patung Sigale-gale dari Tanah Batak”, (2) Untuk mengetahui respon penonton terhadap film animasi 3 dimensi “Legenda Patung Sigale-gale dari Tanah Batak”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) memiliki tahapan yang terdiri dari concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Beberapa pengujian dilakukan pada film animasi ini diantaranya dari pengujian ahli isi yang mendapat hasil 100%, pengujian ahli media mendapat hasil 100% dan pengujian respon pengguna mendapat respon 100% sangat positif sehingga film animasi ini dikatakan dalam katagori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Negara Multikultural, budaya, Legenda Sigale-gale
Subjects: T Technology > TR Photography
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Lora Elfira Br Sembiring
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:51
Last Modified: 21 Jul 2023 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16450

Actions (login required)

View Item View Item