PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 8 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sudariana, I Kadek Oka (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 8 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021006-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021006-ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2129021006-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2129021006-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2129021006-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021006-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2129021006-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021006-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran flipped classoom tipe peer instruction berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematika peserta didik kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain post test control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 387 orang peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian sebanyak 144 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika peserta didik adalah berupa tes uraian sedangkan untuk mengukur kemampuan disposisi matematika peserta didik digunakan kuisioner kemudian dianalisis dengan uji hipotesis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji asumsi (normalitas sebaran data,homogenitas varian,homogenitas matrik varian-kovarian,dan multikolinieritas antar variabel terikat). Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai F dari uji wilks lambda sebesar 8,317, dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa“ hipotesis diterima” artinya terdapat pengaruh dan perbedaan hasil yang signifikan kemampuan komunikasi dan kemampuan disposisi matematika peserta didik terhadap model pembelajaran flipped classoom tipe peer instruction berbantuan e-LKPD

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematika, disposisi matematika, model pembelajaran flipped classoom tipe peer instruction, e-LKPD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Kadek Oka Sudariana
Date Deposited: 22 Jul 2023 02:48
Last Modified: 22 Jul 2023 02:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16548

Actions (login required)

View Item View Item