Pengembangan Media Interaktif Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Case Method Di Program Studi Pendidikan Biologi Undiksha

Arthana, Marcel Prastiko (2023) Pengembangan Media Interaktif Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Case Method Di Program Studi Pendidikan Biologi Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051013-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051013-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051013-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051013-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan pendidikan yang sering terjadi di Indonesia saat ini adalah kurangnya implementasi teknologi informasi kedalam pembelajaran yang dapat menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Hal ini juga dirasakan oleh mahasiswa program studi pendidikan biologi undiksha yang merasa penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi dan kurangnya pembahasan pembelajaran terkait studi kasus. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk memfasilitasi belajar peserta didik dengan media yang lebih modern dan interaktif dengan pengimplementasian model pembelajaran case method. Teori yang akan dikembangkan di dalam media yaitu anatomi fisiologi sistem respirasi, urinaria, dan reproduksi pada wanita. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pengembangan media interaktif ini akan menghasilkan produk berupa web-based yang memiliki 3 fitur utama yaitu animasi model 3D, kuis berbasis gamification, dan video pembelajaran. Proses pengumpulan data diawali dengan melakukan observasi, dan penyebaran angket di program studi pendidikan biologi undiksha, kemudian melakukan analisis permasalahan, lalu perancangan desain kebutuhan. Berikutnya adalah tahap pengembangan dengan hasil produk yang sudah melalui tahap uji pakar ahli desain dan media, dan ahli pakar isi atau materi dengan kesimpulan “Sangat Tinggi” pada nilai koefisien 1,00 sehingga layak untuk digunakan. Tahap implementasi adalah dengan melakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, uji efektivitas, dan uji respon menggunakan UEQ. Masing-masing uji mendapatkan rata-rata nilai 92,6%, 93,3%, 89,28% dengan kategori sangat baik. Uji efektivitas mendapatkan N-Gain sebesar 0,76 dengan interpretasi “Efektif”. Kemudian hasil dari uji respon pendidik dan peserta didik menggunakan UEQ mendapatkan rata-rata kategori excellent atau sangat baik dengan respon positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Case Method, Anatomi Fisiologi Manusia, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QM Human anatomy
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Marcel Prastiko Arthana
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:11
Last Modified: 24 Jul 2023 00:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16565

Actions (login required)

View Item View Item