Budiono, Serafina Elasa (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911011032-COVER.pdf Download (533kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011032-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011032-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam studi ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta keefektifan mengenai buku panduan konseling kognitif behavioral menggunakan teknik cognitive restructuring dalam memajukan resiliensi akademik siswa, penelitian dilaksanakan berdasarkan prosedur pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Studi ini akan mengimplikasikan 5 orang yang ahli pada bidang Bimbingan Konseling, yang menaksir buku panduan konseling dengan teoretis. Dalam penelitian ini akan mengaitkan 33 siswa untuk menjadi responden uji coba keefektifitasan konseling. Dilakukan analisis data terkait validitas dan efektifitas buku panduan yang dilakukan dengan menggunakan perhitungan Content Validity Index, Contemt Validity Ratio, serta t-test. Hasil dari analisis CVR yang telah dilakukan akan menyatakan dari beberapa paparan mengenai pernyataan yang berada di kuesioner akan diterima serta mendapatkan hasil perhitungan CVI sebesar 0,94 yang menyatakan kategori sangat baik. Hasil uji efektifitas buku panduan yang telah dilakukan pada 33 siswa kelas XI dengan menggunakan desain one group pre-test post-test, memperlihatkan bahwa penggunaan buku panduan konseling kognitif behavioral dengan menggunakan teknik cognitive restructuring efektif guna meningkatkan resiliensi akademik pada murid SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resiliensi Akademik, Cognitive Restructuring, Konseling Kognitif Behavioral |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Serafina Elasa Budiono |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:46 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16608 |
Actions (login required)
View Item |