Dewi M, Ni Wayan Diah Purnami (2023) PENGARUH METODE PERCOBAAN PEMBUKTIAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI KIMIA SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123071006-COVER.pdf Download (554kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123071006-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (349kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123071006-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi, M. N.W.D.P. (2023), Pengaruh Penggunaan Metode Percobaan Pembuktian Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Materi Kimia SMA. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Drs. I Wayan Subagia, M.App. Sc., Ph.D dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Wayan Redhana, M.Si Kata-kata kunci : keterampilan proses sains, metode percobaan pembuktian, metode pembelajaran konvensional, penguasaan materi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan secara simultan keterampilan proses sains dan penguasaan materi siswa yang dibelajarkan menggunakan metode percobaan pembuktian dengan metode pembelajaran konvensional, (2) perbedaan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan metode percobaan pembuktian dengan metode pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan penguasaan materi siswa yang dibelajarkan menggunakan metode percobaan pembuktian dengan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain the matching pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kintamani Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yaitu tes penguasaan materi dan lembar observasi penilaian keterampilan proses sains. Data yang diperoleh adalah nilai pretest, posttest, dan hasil observasi KPS. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan secara simultan keterampilan proses sains dan penguasaan materi siswa, (2) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode percobaan pembuktian dengan metode pembelajaran konvensional, dimana keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan metode percobaan pembuktian lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan materi siswa yang dibelajarkan menggunakan metode percobaan pembuktian dengan metode pembelajaran konvensional, dimana kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode percobaan pembuktian lebih unggul dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan proses sains, metode percobaan pembuktian, metode pembelajaran konvensional, penguasaan materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Diah Purnami Dewi M |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 13:08 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 13:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16685 |
Actions (login required)
View Item |