Winangun, I Made Puja (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA GURU IPA DI SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071006-COVER.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071006-ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) Keterampilan bertanya guru IPA SMP Negeri 1 Tampaksiring. (2) Kendala yang dialami guru dalam menerapkan keterampilan bertanya guru IPA di SMP Negeri 1 Tampaksiring. Jenis Penelitian menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring yang berlokasi di desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Bali tahun 2023. Penentuan sumber data dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu subjek yang melibatkan 4 orang guru IPA SMP Negeri 1 Tampaksiring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, analisis dibagi dalam 3 alur meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan keterampilan bertanya Guru VIIC, Guru VIIG, Guru VIIIA memiliki kriteria Baik, dan Guru VIIIF memiliki kriteria Sangat Baik. Hal tersebut menunjukan persentase keterampilan bertanya guru dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Tampaksiring yaitu 81,1% dan berada pada kriteria yang berkategori Baik. Keterampilan bertanya guru VIIC, VIIG, VIIIF SMP Negeri 1 Tampaksiring cenderung bertanya dasar yang memiliki nilai rata-rata observasi lebih tinggi dari bertanya lanjutan. Sedangkan Guru VIIIA cenderung bertanya lanjutan yang memiliki nilai lebih tinggi dari keterampilan bertanya dasar. Kendala-kendala yang dialami guru dalam penerapan keterampilan bertanya disebabkan karena guru terkendala dalam pemberian giliran menjawab tidak berjalan dengan maksimal, keterbatasan waktu menjadi alasan guru kurang memberikan waktu berpikir kepada siswa sebelum menjawab pertanyaan dan siswa masih kurang berani atau malu dalam menjawab pertanyaan yang mempengaruhi siswa dalam merespon pertanyaan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Bertanya, Guru, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Made Puja Winangun |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 01:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16692 |
Actions (login required)
View Item |