PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TENUN DENGAN TEKNIK MEKRAME DI KELAS XI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Andila, Kadek (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TENUN DENGAN TEKNIK MEKRAME DI KELAS XI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051063-COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051063-ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051063-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil rancangan serta mendeskripsikan respon peserta didik dan pendidik dari Media pembelajaran Interaktif yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan menggunakan 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. (1) Hasil rancangan dan implementasi media pembelajaran interaktif pada materi tenun dengan teknik mekrame berhasil diterapkan berdasarkan dari hasil uji validasi dari ahli isi, ahli media dan desain yang dilakukan, dengan nilai rata-rata 1.00 dengan kriteria Sangat Valid dan layak untuk digunakan. (2) Hasil dari perhitungan uji efektifitas media pembelajaran interaktif ini diperoleh nilai sebesar 0,76 N-Gain yang masuk pada kriteria Efektif. (3) Hasil dari respon peserta didik yang diperoleh sebesar 66,12 yang berada pada predikat Sangat praktis. Serta hasil respon dosen menunjukan skor rata-rata 50 berada pada kategori sangat positif dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran interaktif, adobe captive, Makrame, Tenun, Animasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Kadek Andila Kertha Subagia
Date Deposited: 24 Jul 2023 19:17
Last Modified: 26 Nov 2024 11:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item View Item