Putri, Ida Ayu Putu Rika Wibawanti (2023) PENERAPAN METODE GUESSING GAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA DI KELAS VII C SMPN 5 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011033-COVER.pdf Download (523kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011033-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Guessing game untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita di kelas VII C SMPN 5 Negara, langkah-langkah metode Guessing game untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita di kelas VII C SMPN 5 Negara, dan respons siswa kelas VII C SMPN 5 Negara terhadap metode guessing game dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada teks berita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 31 orang dan satu orang guru bahasa Indonesia di SMPN 5 Negara tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan kuisioner/angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode guessing game pada teks berita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dimulai dari prosesnya dengan menerapkan langkah-langkah metode guessing game dalam keterampilan berbicara sesuai dengan Sintak yaitu penjelasan konsep, pemilihan topik, aturan permainan, bermain game, merangkum pengetahuan, dan melakukan refleksi. Kemudian dari peningkatan nilai rata-rata ketuntasan siswa pada saat refleksi awal sebesar 63,5 meningkat sebesar 10% menjadi 73,5 dengan persentase ketuntasan 41,9% dan peningkatan yang terjadi secara drastis pada siklus II sebesar 9,1% dengan ketuntasan nilai rata-rata siswa mencapai 82,6 dengan persentase ketuntasan 83%. (2) Respons siswa terhadap metode guessing game adalah positif. Hal ini dibuktikan dari peningkatan respons siswa pada siklus I memeroleh skor rata-rata sebesar 82,5 dengan kategori positif dan meningkat pada siklus II sebesar 1,6% dan memeroleh skor rata-rata sebesar 84,1 dengan kategori positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guessing game, keterampilan berbicara, teks berita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Rika Wibawanti Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16860 |
Actions (login required)
View Item |