PENGARUH E-LEARNING BERBASIS RUMAH BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SAWAN

Dewi, Kadek Anggi Indah Dwita (2020) PENGARUH E-LEARNING BERBASIS RUMAH BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011110-COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011110-ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011110-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011110-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011110-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas XI SMK N 1 Sawan yang dibelajarkan dengan e-learning sebagai suplemen pembelajaran dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 1 Sawan sebanyak 311 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling, diperoleh empat kelas sebagai sampel yang kemudian diundi kembali untuk menjadi dua kelompok, sehingga diperoleh kelas XI AK 1 dan XI MM 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI AK 2 dan XI MM 2 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Pretest-Posttest Control Group Design”. Data kemampuan berpikir kritis matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel, serta diuji dengan Uji Analisis Kovarian (ANAKOVA). Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa Fhitung = 332,359 > Ftabel = 3,921 sehingga H0 ditolak. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis matematika kelas eksperimen = 79,056 lebih besar daripada kelas kontrol sebesar 16,637. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sawan yang dibelajarkan dengan e-learning sebagai suplemen pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-learning, suplemen pembelajaran, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Anggi Indah Dwita Dewi Kadek
Date Deposited: 09 Jun 2020 07:49
Last Modified: 09 Jun 2020 07:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item