PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA

ARWIN, TOMMY (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051032-COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051032-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051032_ BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051032_ BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051032_ BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051032_ BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051032_ BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051032_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051032_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menganut jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan metode penelitian ADDIE yang terdiri atas lima tahapan berikut analyze, design, development, implentation, dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten interaktif berbasis problem based learning dan mengadakan pendeskripsian respon pendidik serta siswa kepada pengembangan pembelajaran interaktif pelajaran seni budaya. Subyek melalui kajian ini yakni siswa dikelas VII yang telah memperoleh pelajaran seni budaya pada SMPN 6 Singaraja. Penentuan pendataan yang diadakan pada kajian ini memakai lembaran validasi pakar, kuisioner pengujian untuk per individunya, kelompok kecil, lokasi riset serta kuisioner pengujian tanggapan pendidik serta siswa. Hasil riset ini menjelaskan bahwasannya pengembangan interaksi konten ini mempunyai hasil dapat mengadakan penerapan hasil pengujian validitas pakar mendapat skor CVR yakni 1 serta CVI yakni 1 dengann kategory sangat baik. Berlandaskan hasil pengujian validitas pakar design serta medianya mendapat skor mean 1,00 melalui syarat sangat tinggi, hasilnya melalui perhitungan skor N-gain senilai 0,76 melalui kriteria tinggi, kemudian hasilnya berikut didapat pengujian persyaraatan yakni tingkat kesuksesan siswa senilai 90% yang ada dalam syarat sangat baik, selanjutnya hasil hitung tanggapan pendidik memperoleh nilai skor senilai 46 dalam siswa memperoleh senilai 68, melalui keduanya pernghitungan itu ada dalam kualifikasi sangat positive serta berada pada kriteria yang yang begitu praktise.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, Problem Based Learning, Seni budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: TOMMY ARWIN
Date Deposited: 25 Jul 2023 18:14
Last Modified: 25 Jul 2023 18:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item View Item