Putra, Made Kresna Wicaksana Mertawi (2023) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI CERITA RAKYAT BALI PENGANGON BEBEK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051115 - COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051115 - ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815051115 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1815051115 - BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1815051115 - BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051115 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1815051115 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051115 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051115 - LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan Film Animasi 2D Cerita Rakyat Bali “Pengangon Bebek” bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi dalam menyampaikan cerita rakyat. Dengan menggunakan animasi 2D cerita rakyat dapat disampaikan dengan lebih menarik karena menampilkan audio dan visual secara bersamaan. Metode Reseach and Development merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan, model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle) metode ini memiliki 6 tahapan yaitu tahap concept, tahap design, tahap materiall collecting, tahap assembly, tahap testing dan tahap distribution. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa film animasi 2D. Beberapa pengujian yang dilakukan diantaranya pengujian uji ahli isi yang mendapat perolehan nilai sebesar 1.00 yang berada pada kriteria “Sangat Valid” dan pengujian ahli media memperoleh nilai sebesar 1.00 yang berada pada kriteria “Sangat Valid”, sedangkan dalam uji respon pengguna melibatkan sebanyak 82 responden dan mendapat hasil skor rata-rata respon pengguna sebesar 47,21 yang berada pada kategori “Sangat Positif” dengan kriteria “Sangat Baik”. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhannya dan selanjutnya dapat dikembangkan dalam bentuk produk multimedia lainya seperti, game maupun animasi 3D.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Animasi, MDLC, Cerita Rakyat Bali |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Made Kresna Wicaksana Mertawi Putra |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17007 |
Actions (login required)
View Item |