PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS SMAN 1 UBUD

Wilaputra, Nyoman Arya (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS SMAN 1 UBUD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051035-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051035-ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815051035-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (933kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051035-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran sosiologi untuk kelas XI IPS 2 dan mengetahui respon peserta didik terkait konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ubud. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan untuk kelas XI Peminatan IPS 2 sebanyak 36 siswa sebagai subjek penelitian dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran Sosiologi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket intrumen penilaian. Untuk uji kevalidan konten interaktif berasal dari ahli isi dan ahli media yang memperoleh skor rata-rata sebesar 1,00 dari masing-masing ahli dengan kriteria sangat valid. Untuk uji efektivitas menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh hasil sebesar 0.81 berada pada interpretasi efektif. Serta hasil respon peserta didik dan guru mendapatkan nilai rata-rata mendapatkan nilai sebesar 64.63 dan 48 berada dalam kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Nyoman Arya Wilaputra
Date Deposited: 25 Jul 2023 18:53
Last Modified: 25 Jul 2023 18:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item