ARYANI, PUTU DEWI (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU KIMIA KELAS X DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1613031020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031020-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613031020 BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613031020 BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031020 BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1613031020-BABV PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031020-DAFTARPUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031020-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ANALISIS KESIAPAN GURU KIMIA KELAS X DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 SUKASADA Oleh Putu Dewi Aryani (1613031020) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan 1) kesiapan guru kimia kelas X di SMA N 1 Sukasada dan 2) faktor penghambat dan pendorong kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belum optimal, kesiapan guru dilihat di aspek a) dalam perencanaan pembelajaran terdapat guru yang tidak menyiapkan perangkat ajar seperti modul ajar, LKPD, dan media pembelajaran, b) dalam pelaksanaan pembelajaraan kegiatan pembelajaran tidak sesuai dengan modul ajar, guru tidak menerapkan pembelajaran diferensiasi sesuai pola pembelajaran kurikulum merdeka, c) guru melakukan asesmen formatif berupa penilaian sikap dan keterampilan dan sumatif berupa ulangan harian dan sumatif akhir semester, guru tidak melakukan asesmen diagnostik. 2) Faktor pendorong kesiapan guru yaitu a) guru sudah mendapat pelatihan, b) sumber ajar yang memadai, dan c) adanya guru penggerak, sedangkan faktor penghambat kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu a) guru kesulitan menentukan tujuan pembelajaran, b) sarana dan prasarana kurang memadai, dan c) keterampilan mengajar guru kurang. Kata kunci: kesiapan, guru kimia, kurikulum merdeka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS KESIAPAN GURU KIMIA KELAS X DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 1 SUKASADA Oleh Putu Dewi Aryani (1613031020) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan 1) kesiapan guru kimia kelas X di SMA N 1 Sukasada dan 2) faktor penghambat dan pendorong kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belum optimal, kesiapan guru dilihat di aspek a) dalam perencanaan pembelajaran terdapat guru yang tidak menyiapkan perangkat ajar seperti modul ajar, LKPD, dan media pembelajaran, b) dalam pelaksanaan pembelajaraan kegiatan pembelajaran tidak sesuai dengan modul ajar, guru tidak menerapkan pembelajaran diferensiasi sesuai pola pembelajaran kurikulum merdeka, c) guru melakukan asesmen formatif berupa penilaian sikap dan keterampilan dan sumatif berupa ulangan harian dan sumatif akhir semester, guru tidak melakukan asesmen diagnostik. 2) Faktor pendorong kesiapan guru yaitu a) guru sudah mendapat pelatihan, b) sumber ajar yang memadai, dan c) adanya guru penggerak, sedangkan faktor penghambat kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu a) guru kesulitan menentukan tujuan pembelajaran, b) sarana dan prasarana kurang memadai, dan c) keterampilan mengajar guru kurang. Kata kunci: kesiapan, guru kimia, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Putu Dewi Aryani |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 04:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17049 |
Actions (login required)
View Item |