PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL

Haq, Isra Aisya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021019-ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021019-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini memiliki tujuan mengetahui dan menganalisa perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang mempergunakan pemodelan Problem Based Learning (PBL) berbasis laboratorium virtual dengan yang mempergunakan pendekatan konvensional. Jenis kajian ini ialah eksperimen semu (quasi-experiment) Dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasinya ialah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Abiansemal yang tersebar menjadi 10 kelas dengan total 360 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam kajian ini tersusun atas dua kelas yakni XI MIPA 2 serta XI MIPA 5. Dengan teknik pemilihan class random sampling. Analisis data yang dipergunakan ialah deskriptif serta kovarian (ANAKOVA) satu jalur pada taraf 0,05. Hasil kajian ini mengindikasikan ada perbedaan daya berpikir kritis secara signifikan antara yang menerapkan pemodelan aktivitas belajar PBL berbasis laboratorium dengan yang menerapkan aktivitas belajar konvensional. (F*=79,124 ;p<0,05). Maka kajian ini berimplikasi bahwasanya pada aktivitas belajar Fisika di sekolah, idealnya diberikan fasilitas dalam mengimplementasikan pemodelan aktivitas belajar berbasis laboratorium virtual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PBL, model pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Isra Aisya Haq
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:03
Last Modified: 26 Jul 2023 04:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item