Ummah, Atik Rahmatul (2023) STUDENTS' MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY THROUGH POPULAR TIKTOK SONGS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021143-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021143-ABSTRAK.pdf.pdf Download (367kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (303kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021143-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021143-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021143-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (425kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021143-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (653kB) |
Abstract
ABSTRAK Pengajaran kosa kata adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan guru dalam belajar bahasa Inggris, karena kosa kata adalah dasar utama untuk memahami suatu bahasa. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang dapat memotivasi siswa dalam mempelajari kosa kata. Dalam hal ini, lagu-lagu TikTok yang populer dapat digunakan, mengingat para pelajar di era sekarang begitu dekat dengan media sosial, salah satunya TikTok. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana lagu-lagu TikTok yang populer dapat memotivasi siswa untuk belajar kosa kata bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan survei. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Vocabulary Learning Motivation Scale (VLMS) yang dirancang oleh Ersoy & Boyaci (2018), dan beberapa pertanyaan terbuka untuk mendukung kuesioner tersebut. Sebanyak 24 siswa kelas VII SMP Maulana Pegayaman diminta menjawab angket dan pertanyaan terbuka setelah diajar dengan lagu-lagu TikTok yang populer dalam dua kali pertemuan. Skala Likert (Likert, 1932) dan analisis tematik oleh Braun & Clarke (2006) digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa lagu-lagu TikTok yang populer berhasil memotivasi siswa untuk belajar kosa kata bahasa Inggris. Selain itu, lagu-lagu TikTok yang populer juga membuat para siswa bersemangat untuk belajar kosa kata bahasa Inggris lebih lanjut. Terlebih lagi, lagu-lagu TikTok yang populer membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Para siswa senang mendengarkan lagu-lagu TikTok yang populer yang menjadikan lagu-lagu tersebut menjadi familiar bagi mereka. Keakraban lagu-lagu yang popular di TikTok bagi siswa memudahkan untuk menarik perhatian mereka dalam kegiatan pembelajaran kosa kata bahasa Inggris dan memotivasi mereka untuk mempelajari kosa kata di dalam lagu. Kata kunci: kosa kata bahasa inggris, memotivasi, lagu-lagu TikTok yang populer
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kosa kata bahasa inggris, memotivasi, lagu-lagu TikTok yang populer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Atik Rahmatul Ummah |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17108 |
Actions (login required)
View Item |