Umami, Thessa Sahara (2023) PENGEMBANGAN CONTENT BERORIENTASI EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051091-COVER.pdf Download (868kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051091-ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (558kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051091-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pengembangan content berorientasi experiential learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, dan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik setelah pengembangan content e – learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang dan guru pengampu mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adala wawancara, observasi dan pengisian angket. Penelitian ini telah melalui uji ahli isi dan uji ahli media, yang menghasilkan rata – rata 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Setelah melakukan uji ahli, penelitian ini akan dilanjutkan dengan melakukan uji coba perorangan dengan mendapatkan hasil rata – rata 92,3%, uji coba kelompok kecil yang mendapatkan hasil rata – rata 91%, dan uji coba lapangan yang mendapatkan hasil rata – rata 92,5% dengan masing – masing uji coba yang masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Selain itu, dilakukan uji respons peserta didik dengan rata – rata hasil 67,16, dan uji respons guru dengan rata – rata 48 dengan masing – masing telah masuk ke dalam kategori “Sangat Positif”. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan content e – learning dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | experiential learning, simulasi dan komunikasi digital, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Thessa Sahara Umami |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17147 |
Actions (login required)
View Item |