Artha, Kadek Heryantoni Adi juni (2023) Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Koneksi Matematis yang Berkarakteristik HOTS untuk Siswa SMP pada Materi Bangun Datar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011084-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011084-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (540kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011084-LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes koneksi matematis berkarakteristik HOTS yang memenuhi kriteria-kriteria standar kualitas tes yang baik. Metode pengembangan yang diikuti adalah metode pengembangan dengan tipe formative research oleh Tessmer (1993) yang terdiri dari empat tahapan. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan instrumen ini adalah siswa SMP kelas IX dari empat sekolah di Singaraja. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 12 butir soal uraian koneksi matematis berkarakteristik HOTS yang terdiri dari keterampilan menganalisis dan pengetahuan konseptual (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6) dengan aspek pengetahuan konseptual (K2). Instrumen tes yang dikembangakan ini dikatakan baik dilihat dari terpenuhinya syarat utama instrumen yang baik yaitu validitas dan reliabiltas. Di dalam penelitian ini juga diteliti mengenai indeks daya beda, taraf kesukaran butir, tingkat kemampuan siswa, dan peluang siswa menjawab benar pada setiap item dengan menggunakan metode Partial Credit Model (PCM). Nilai peluang siswa menjawab benar berkisar antara 0.010 sampai dengan 0.134 yang diakibatkan oleh kemampuan dari subjek uji coba masih termasuk ke dalam kategori kurang. Sedangkan indeks daya beda pada instrumen ini termasuk ke dalam kategori sangat baik serta memiliki tingkat kesukaran dengan kategori sedang dan sukar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Tes, Koneksi Matematis, HOTS, Formative Research. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | KADEK HERYANTONI ADI JUNI ARTHA |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17199 |
Actions (login required)
View Item |