Pengembangan Media Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP

Rosanty D, Kadek Vera (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011102-COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011102-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011102-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011102-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011102-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik dan kualitas media pembelajaran interaktif berbasis model problem based learning pada pembelajaran persamaan garis lurus di SMP. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Setelah melalui proses pengembangan dihasilkan produk final berupa media pembelajaran interaktif dengan karakteristik: 1) Interaktif, 2) Fitur kuis yang beragam, 3) Sebagai media pembelajaran yang umum dan mandiri pada pembelajaran persamaan garis lurus, 4) Akses media berupa link website (.html). Setelah dilakukan uji kelayakan terhadap media pembelajaran interaktif, diperoleh bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan valid dengan rata-rata persentase 90%, praktis dengan rata-rata persentase 85,35%, dan cukup efektif dengan persentase 75%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pendukung dalam kegiatan pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Literasi Matematika, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Vera Rosanty D
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:47
Last Modified: 27 Jul 2023 01:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item