POWTOON AS INTERACTIVE LEARNING VIDEO IN STUDENTS’ ENGLISH LEARNING: TEACHERS’ PERCEPTION AND CHALLANGES

Nababan, Trisantiana (2023) POWTOON AS INTERACTIVE LEARNING VIDEO IN STUDENTS’ ENGLISH LEARNING: TEACHERS’ PERCEPTION AND CHALLANGES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1912021078-COVER.pdf

Download (580kB)
[img] Text
1912021078-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
1912021078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
1912021078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
1912021078-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
1912021078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
1912021078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
1912021078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
1912021078-LAMPIRAN.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki persepsi dan tantangan guru dalam menggunakan video PowToon sebagai media pembelajaran interaktif dalam mengajar siswa bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Singaraja. Metode penelitian menggunakan Metode Campuran Sekuensial Eksplanatori. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data persepsi guru terhadap video pembelajaran PowToon sebagai media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa. Kemudian, metode wawancara digunakan untuk mengecek ulang hasil kuesioner mengenai persepsi guru terhadap implementasi video pembelajaran PowToon dan untuk mengumpulkan data mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi oleh para guru bahasa Inggris selama mengimplementasikan video pembelajaran PowToon. Kuesioner dan panduan wawancara dibuat berdasarkan dimensi-dimensi dari teori UTAUT. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pertanyaan-pertanyaan berikut: (1) persepsi guru tentang penggunaan media PowToon dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa, dan (2) tantangan dan solusi yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan video animasi PowToon dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru cenderung memiliki persepsi yang positif terhadap penerapan video PowToon dalam proses pembelajaran bahasa Inggris siswa di sekolah. Melalui penelitian ini, para guru mendapatkan informasi mengenai media pembelajaran interaktif yang dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video PowToon, ELT, Persepsi guru, Teori UTAUT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Trisantiana N
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:05
Last Modified: 27 Jul 2023 01:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17252

Actions (login required)

View Item View Item