Halim, Muhammad Agus (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 PULUKAN KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031068-COVER.pdf Download (205kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031068-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031068-LAMPIRAN.pdf Download (999kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan, 2) Mengetahui pengaruh pengawasan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan, 3) Mengetahui pengaruh motivasi dan pengawasan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di kelas IV SDN 1 Pulukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen data berupa lembar observasi, lembar angket/kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan uji t (parsial), uji analisis linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji regresi berganda. Hasil uji t motivasi menunjukan bahwa variabel motivasi belajar memiliki harga sig, sebesar 0,004 < 0,05 dan beta positif, Ini artinya terdapat pengaruh positif secara parsial variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel pengawasan orang tua memiliki harga sig, sebesar 0,034 < 0,05 dan beta positif, Ini artinya terdapat pengaruh positif secara parsial variabel pengawasan orang tua terhadap variabel hasil belajar. Hasil uji analisis linear berganda menghasilkan nilai konstanta (a) 69,433, koefisien X1 sebesar 0,338, koefisien X2 sebesar 0,318, hasil uji keofisien determinasi persentase kontribusi pengaruh variabel motivasi dan pengawasan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 69,9%, sehingga dapat disimpulkan motivasi dan pengawasan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, pengawasan orang tua, hasil belajar, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Muhammad Agus Halim |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 00:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 00:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17256 |
Actions (login required)
View Item |