PENGARUH MOTIVASI DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 PULUKAN KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA

Halim, Muhammad Agus (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 PULUKAN KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031068-COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031068-ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031068-LAMPIRAN.pdf

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan, 2) Mengetahui pengaruh pengawasan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan, 3) Mengetahui pengaruh motivasi dan pengawasan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di kelas IV SDN 1 Pulukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen data berupa lembar observasi, lembar angket/kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan uji t (parsial), uji analisis linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji regresi berganda. Hasil uji t motivasi menunjukan bahwa variabel motivasi belajar memiliki harga sig, sebesar 0,004 < 0,05 dan beta positif, Ini artinya terdapat pengaruh positif secara parsial variabel motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel pengawasan orang tua memiliki harga sig, sebesar 0,034 < 0,05 dan beta positif, Ini artinya terdapat pengaruh positif secara parsial variabel pengawasan orang tua terhadap variabel hasil belajar. Hasil uji analisis linear berganda menghasilkan nilai konstanta (a) 69,433, koefisien X1 sebesar 0,338, koefisien X2 sebesar 0,318, hasil uji keofisien determinasi persentase kontribusi pengaruh variabel motivasi dan pengawasan orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 69,9%, sehingga dapat disimpulkan motivasi dan pengawasan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Pulukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pengawasan orang tua, hasil belajar, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Muhammad Agus Halim
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:07
Last Modified: 27 Jul 2023 00:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17256

Actions (login required)

View Item View Item