Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berstrategi Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Materi Jiko Shoukai dan Gakkou No Seikatsu di SMA Negeri 1 Tejakula

Kristiadi, Komang Dian Ary (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berstrategi Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Materi Jiko Shoukai dan Gakkou No Seikatsu di SMA Negeri 1 Tejakula. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051040-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051040-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051040-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penyajian materi pelajaran bahasa Jepang hanya berbantuan buku pegangan siswa serta media pembelajaran yang digunakan kurang menarik sehingga menjadi pemicu kurangnya motivasi, minat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, hanya ada 1 pengajar untuk mata pelajaran bahasa Jepang dari kelas XI sampai kelas XII jurusan Ilmu Bahasa dan Budaya di SMA Negeri 1 Tejakula yang memunculkan permasalahan yaitu penyampaian materi yang kurang maksimal dan durasi pembelajaran yang dibatasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya media pembelajaran interaktif berstrategi discovery learning khususnya pada mata pelajaran bahasa Jepang materi Jiko Shoukai dan Gakkou No Seikatsu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IBB 3 SMA Negeri 1 Tejakula yang terdiri dari 36 peserta didik. Hasil kevalidan yang didapatkan dari penelitian berdasarkan uji ahli isi serta uji ahli media dan desain yaitu memperoleh nilai rata – rata sebesar 1,00 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas diperoleh sebesar 0,83 dengan perhitungan N-Gain yang termasuk kategori efektif. Hasil uji respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 67 yang termasuk kategori sangat valid serta hasil uji respon guru memperoleh nilai rata – rata sebesar 39 yang termasuk kategori praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, discovery learning, ADDIE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Komang Dian Ary Kristiadi
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:08
Last Modified: 27 Jul 2023 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17269

Actions (login required)

View Item View Item