Dewi, Kadek Endang Trisna (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran HouseKeeping DI SMK Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (cover)
1815051099-COVER..pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051099-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051099-BAB 1.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815051099-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815051099-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051099-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051099-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051099-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sumber belajar yang di berikan guru kepada siswa yang hanya bersifat tekstual saja, kurang adanya kreaksi seperti gambar, audio, ataupun video yang bisa menjelaskan isi materi secara rinci dan menarik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada pembelajaran HouseKeeping, khususnya materi Penataan Taman untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan untuk kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja pada 1 kelas dengan jumlah murid sekitar 33 siswa dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran HouseKeeping. Pengumpulan data dalam penelitian ini akan didapatkan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan, angket uji respon peserta didik dan guru. Kemudian hasil dari perhitungan uji ahli isi, desain dan media pembelajaran masing- masing memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00, sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh rata-rata sebesar 44,42 dan 47 yaitu termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran HouseKeeping menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Discovery Learning, media Interaktif, HouseKeeping |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Endang Trisna Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17270 |
Actions (login required)
View Item |