Pengembangan Instrumen Tes Online Two-Tier Multiple Choice untuk Mengukur Pemahaman Konsep Nutrisi Siswa Kelas VIII SMP

Ardianitari, Ni Putu Yulita (2023) Pengembangan Instrumen Tes Online Two-Tier Multiple Choice untuk Mengukur Pemahaman Konsep Nutrisi Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041003-COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041003-ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES ONLINE TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (OTTMC) UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP NUTRISI SISWA KELAS VIII SMP Oleh Ni Putu Yulita Ardianitari Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan intrumen tes online two-tier multiple choice untuk mengukur pemahaman konsep nutrisi siswa SMP dan mengetahui validitas, reabilitas dan kepraktisan intrumen tes online two-tier multiple choice untuk mengukur pemahaman konsep nutrisi siswa SMP. Model penelitian yang digunakan yakni menggunakan model penelitian oleh Djaali dan Pudji Muljono dan Doran dkk. yang digabungkan dan dimodifikasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket validasi dan angket kepraktisan. Uji coba dilakukan dengan uji validitas isi, uji validitas butir soal, uji reabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran soal dan uji kepraktisan. Uji validitas isi dilakukan oleh dua orang ahli. Uji validitas butir soal, daya pembeda, kesukaran dan reabilitas dibantu dengan SPSS versi 20. Uji kepraktisan soal dilakukan guru dan siswa yang melibatkan 2 orang guru IPA, 3 orang siswa untuk uji perorangan, 12 orang siswa untuk uji kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) intrumen tes tes online two-tier multiple choice yang dikembangkan adalah 35 butir soal. Hasil validitas isi yaitu 0,94 % dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil validitas butir soal didapatkan 14 butir soal valid dan 21 butir soal tidak valid. Daya pembeda diperoleh 1 soal dengan daya pembeda baik, 7 butir soal dengan daya pembeda cukup, 17 butir soal dengan daya pembeda jelek dan 10 butir soal dengan daya pembeda sangat jelek. Tingkat kesukaran didapatkan 1 soal sukar dan 17 soal sedang dan 17 soal mudah. (2) hasil uji reliabilitas 35 butir soal didapatkan nilai sebesar 0,449 dengan kriteria reliabilitas sedang. (3) uji kepraktisan memperoleh hasil 84,36% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen tes online two-tier multiple choice telah dikembangkan sebanyak 35 butir soal yang dikembangkan sebagiannya dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Kata kunci : tes online two-tier multiple choice, pemahaman konsep, validitas, reliabilitas, kepraktisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tes online two-tier multiple choice, pemahaman konsep, validitas, reliabilitas, kepraktisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Putu Yulita Ardianitari
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:17
Last Modified: 27 Jul 2023 06:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

View Item View Item