Pengembangan Video Pembuktian Hipotesis Pada Topik Titrasi Asam Basa Untuk Mendukung Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Saintifik

Mega Utami, Devina (2023) Pengembangan Video Pembuktian Hipotesis Pada Topik Titrasi Asam Basa Untuk Mendukung Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Saintifik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813031036-COVER.pdf

Download (372kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031036-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031036-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk video pembuktian hipotesis dan mendeskripsikan spesifikasinya untuk mendukung lembar kerja peserta didik pada topik titrasi asam basa dengan pendekatan saintifik. Studi merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan Luther, yang terdiri dari tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi format studi dokumentasi, pedoman wawancara, lembar penilaian, validasi dan uji keterbacaan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, modus, dan rasional. Produk video pembuktian hipotesis memiliki karakteristik mendukung lembar kerja peserta didik yang sinergis dan konsisten mengakomodasikan langkah-langkah pendekatan saintifik 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan) dengan mengikuti pola penalaran induktif. Hasil produk video pembuktian hipotesis dapat diakses kapan dan dimana saja melalui link pada google drive. Sebagian besar aspek pembelajaran dari produk pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan rata-rata penilaian dengan kategori baik dari ahli isi, bahasa dan media maupun praktisi. Validasi yang diberikan oleh ahli isi dan konstruksi tergolong baik dengan proporsi 82,6%, validasi yang diberikan oleh ahli bahasa tergolong sangat baik dengan proporsi 91,7%, validasi yang diberikan oleh ahli media tergolong baik dengan proporsi 78,9%, dan praktisi 1 tergolong baik dengan proporsi 84,6% serta praktisi 2 tergolong sangat baik dengan proporsi 89,4%. Hasil uji keterbacaan produk oleh siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tanggapan positif dengan hasil pengisian LKPD menunjukkan siswa telah mampu mengisi tagihan yang diberikan serta komentar mengenai arahan, tulisan dan isi LKPD serta video sudah jelas dan mudah dipahami. Hasil validasi dan uji keterbacaan tersebut menunjukkan bahwa video pembuktian hipotesis untuk mendukung lembar kerja peserta didik tergolong baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembuktian hipotesis, lembar kerja, peserta didik, pendekatan saintifik 5M, titrasi asam-basa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Devina Mega Utami
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:03
Last Modified: 27 Jul 2023 06:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17297

Actions (login required)

View Item View Item