Gulo, Julius (2023) Perbedaan model Project Based Learning dan model Direct Instruction ditinjau dari aspek motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik mesin. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915071007_COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915071007_ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071007_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071007_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915071007_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071007_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071007_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915071007_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya perbedaan motivasi belajar pada siswa yang diajarkan dengan model project based learning dan model direct instruction (2) adanya perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model project based learning dan model direct instruction (3) Pengaruh motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain The Posttest-Only Control-Group design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes Posttest untuk mengukur hasil belajar. Data motivasi belajar dan hasil belajar kemudian dianalisis menggunakan manova dengan Uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan motivasi belajar pada siswa yang diajarkan dengan model project based learning dan model direct instruction. Hasil analisis diketahui F sebesar 4,021 sig=0,049. Hal ini berarti H0 ditolak. (2) terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model project based learning dan model direct instruction. Hasil analisis diketahui F sebesar 46,824, sig = 0,000. Hal ini berarti H0 ditolak (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction. Hasil analisis diketahui F sebesar 24,542, Sig = 0,00. Hal ini berarti H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Direct Instruction, Motivasi belajar, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Julius Gulo |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 06:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 06:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17332 |
Actions (login required)
View Item |