IMPLEMENTING WRITING THROUGH SCAFFOLDING TECHNIQUE USING ONLINE PLATFORM IN THE SENIOR HIGH SCHOOL

Deby Adi Gunawan Putra, I Made (2023) IMPLEMENTING WRITING THROUGH SCAFFOLDING TECHNIQUE USING ONLINE PLATFORM IN THE SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012027005-COVER.pdf.pdf

Download (197kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012027005-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1)
2012027005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2)
2012027005--BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
2012027005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
2012027005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
2012027005-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012027005-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012027005-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Menulis adalah keterampilan penting dan juga keterampilan bahasa yang efektif, oleh karena itu siswa perlu memberikan perhatian khusus pada keterampilan menulis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan menulis melalui teknik scaffolding menggunakan platform pembelajaran online di SMA N 8 Denpasar. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam dilakukan untuk mengumpulkan data dan menjawab pertanyaan penelitian. Dengan kata lain, semua data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber utama karena berasal langsung dari sumber utama yaitu guru EFL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan mengubah kalimat menjadi simple tenses, siswa kesulitan mengembangkan ide pokok menjadi kalimat pendukung dan siswa kesulitan hanya membuat bagian peristiwa dan kurang pada bagian pengenalan karakter yang lebih mendalam. Saran bagi guru hendaknya mengetahui bagaimana mendorong lebih banyak siswa agar mereka tetap tertarik untuk belajar tentang menulis. Sehingga dapat membuat siswa lebih mudah dan tertarik untuk belajar menulis di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menerapkan Menulis, Teknik Scaffolding, Platform Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Made Deby Adi Gunawan Putra
Date Deposited: 26 Aug 2023 00:25
Last Modified: 26 Aug 2023 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item