Pinaruh, I Gede Anugrah (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011016-COVER.pdf Download (725kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011016-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011016-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman konsep siswa mengenai SPLDV yang masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam menemukan kembali konsep dan mengaitkannya dengan masalah dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi SPLDV yang berkualitas valid, praktis, dan efektif, serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VIII. Pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan 4D dengan bantuan software Articulate Storyline, namun terbatas pada tahap development. Produk multimedia yang dihasilkan berupa aplikasi dengan eksistensi file .exe yang dapat diakses melalui laptop atau PC. Multimedia yang dihasilkan ini mendapatkan rata-rata nilai uji validitas isi 1,00 yang berada pada kriteria sangat tinggi sehingga isi materi yang disusun layak disajikan dalam multimedia. Selanjutnya, multimedia interaktif telah teruji tingkat kevalidan oleh Ahli Materi dan Ahli Media secara berturut-turut dengan skor rata-rata 4,55 dan 4,38 yang berada pada kriteria sangat tinggi. Multimedia yang dinyatakan valid telah diuji coba secara terbatas pada 32 orang siswa kelas VIII dan seorang guru matematika di SMP Negeri 1 Singaraja dan diperoleh hasil uji kepraktisan penggunaan multimedia dengan skor rata-rata angket respon guru dan angket respon siswa berturut-turut sebesar 4,67 dan 4,48, yang tergolong sangat baik. Multimedia yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,38%. Berdasarkan analisis N-Gain terhadap hasil tes pemahaman konsep, didapatkan skor gain sebesar 0,68, yang mengindikasikan multimedia mampu meningkatkan pemahaman konsep yang tergolong kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan berkualitas valid, praktis, dan efektif dan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, pendidikan matematika realistik, pemahaman konsep, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gede Anugrah Pinaruh |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17554 |
Actions (login required)
View Item |