PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA

Fitriani, Peni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041010-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041010- ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041010- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041010- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041010- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041010-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran di SMA yang dilakukan oleh guru masih menggunakan power point konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran power point interaktif berbasis Problem Based learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan di SMA. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementatiom, dan Evaluasi. Subjek uji coba terdiri dari ahli media, materi, dan bahasa yang masing-masing berjumlah dua orang. Untuk subjek uji coba kepraktisan menggunakan seluruh guru biologi dan 12 siswa di SMAN 2 Singaraja. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang kemudian dianalisis secara kuantitaif kemudian secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Validasi dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 0.95 dengan kriteria Sangat Valid, 2) Validasi dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 0.92 dengan kriteria Sangat Valid, 3) Validasi dari ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 1 dengan kriteria sangat valid, 4) Kepraktisan produk yang dinilai oleh guru mendapatkan persentase sebesar 89.9% dengan kriteria Sangat Praktis dan 4) hasil kepraktisan oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 93.75% dengan kriteria Sangat Praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Power Point Interaktif, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Peni Fitriani
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:25
Last Modified: 19 Oct 2023 02:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item View Item