Fauziah, Fatimah Millenia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Termodifikasi terhadap Motivasi Belajar IPA dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123071010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123071010-ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (464kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071010-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123071010-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan motivasi belajar IPA dan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran POE termodifikasi dengan pembelajaran konvensional yaitu 5M. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mengwi Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling berdasarkan kelas dengan mengambil dua kelas sebagai sampel untuk kelas eksperimen dan kontrol. Data penelitian berupa nilai hasil angket motivasi belajar dan nilai hasil tes keterampilan berpikir kritis. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan MANCOVA. Hasil menunjukkan: (1) secara simultan, terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar IPA dan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model POE termodifikasi dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar IPA peserta didik yang belajar menggunakan model POE termodifikasi dengan pembelajaran konvensional, dan (3) terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model POE termodifikasi dengan pembelajaran konvensional. Kelompok peserta didik yang belajar menggunakan model POE termodifikasi menunjukkan motivasi belajar IPA dan keterampilan berpikir kritis lebih unggul dibandingkan kelompok peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POE, 5M, Motivasi, Belajar IPA, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | FATIMAH MILLENIA FAUZIAH |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 02:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17642 |
Actions (login required)
View Item |