PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Triana, Devi (2023) PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011036-COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011036-ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011036-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011036-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011036-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011036-BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011036-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011036-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran menulis naskah drama peserta didik SMP Negeri 4 Singaraja (2) hambatan-hambatan dalam pembelajaran menulis naskah drama menggunakan media YouTube pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja (3) hasil belajar menulis naskah drama menggunakan media YouTube pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII, Bapak Komang Gurianta, S.Pd. Objek dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran menulis naskah drama, hambatan-hambatan yang dialami guru dan siswa saat menggunakan media YouTube dalan pembelajaran menulis naskah drama dan hasil belajar menulis naskah drama setelah menggunakan media YouTube. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya (1) pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media youtube terdapat tiga kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pembuka, inti dan penutup pada pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama. Pada kegiatan pembuka yaitu gueu menyampaikan apersepri dan tujuan pembelajaran, pada kegiatan inti guru menayangkan video serta siswa menyimak video yang ditayangkan, dan pada kegiatan penutup guru menarik kesimpulan dari pembelajaran. (2) hambatan- hambatan dalam pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media youtube yakni menunjukan beberapa hambatan yang dihadapi guru Bahasa Indonesia dalam pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media youtube yaitu, fokus siswa terhadap pembelajaran menulis naskah drama masih kurang, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis naskah drama, pengelolaan waktu yang masih kurang efektif. (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media youtube memberikan nilai rata�rata 85 dengan kategori baik. Hal tersebut memberi gambaran sejauh mana kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media youtube yaitu dilihat dari hasil kerja siswa yang diperiksa oleh guru diurut sesuai dengan kemampuan siswa dari pemerolehan nilai terbesar sampai nilai terkecil. Saran penelitian ini ialah, guru Bahasa Indonesia agar mempertahakan keefektifan dalam pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media, YouTube, Pembelajaran Menulis Naskah Drama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Devi Triana
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:43
Last Modified: 20 Oct 2023 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item