Eksistensi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Di Tengah Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada PT. BPR Karya Artha Sejahtera Indonesia Di Provinsi Bali)

Sukarmiasih, Ni Made (2023) Eksistensi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Di Tengah Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pada PT. BPR Karya Artha Sejahtera Indonesia Di Provinsi Bali). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129141014-COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129141014-ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2129141014-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2129141014-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2129141014-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129141014-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2129141014-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129141014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129141014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sukarmiasi, Ni Made (2023), Eksistensi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ddi Tengah Era Revolusi 4.0 (Studi Kasus pada PT. BPR Karya Artha Sejahtera Indonesia di Provinsi Bali). Tesis, Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E., Ak., M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Gede Adi Yuniarta, S.E.Ak, M.Si. Kata-kata kunci: sistem informasi manajemen, revolusi industri 4.0, digitalisasi perbankan, eksistensi, bank perkreditan rakyat Penerapan sistem informasi manajemen (SIM) terdigitalisasi secara maksimal memiliki peranan penting dalam meningkatkan kinerja, keberlangsungan dan eksistensi dari suatu perusahaan, misalnya pada perbankan mikro seperti Bank Perkreditan Rakyat Karya Artha Sejahtera Indonesia (BPR KAS Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang BPR KAS Indonesia belum menerapkan sistem informasi manajemen (SIM) terdigitalisasi secara maksimal, langkah-langkah atau prosedur menuju penerapan sistem informasi manajemen terdigitalisasi secara maksimal serta implikasi dan dampak dari adanya sistem informasi manajemen (SIM) yang terdigitalisasi terhadap eksistensi PT. BPR Karya Artha Sejahtera Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) BPR KAS Indonesia sudah menerapkan sistem informasi manajemen terdigitalisasi namun belum maksimal dan bersifat untuk kepentingan internal perusahaan; (2) latar belakang BPR KAS Indonesia belum menerapkan sistem informasi manajemen terdigitalisasi secara maksimal yaitu karena benturan regulasi POJK Nomor 12/POJK.03.2016, adanya Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan mulai memberi ruang bagi BPR untuk segera menuju penerapan SIM terdigitalisasi, tidak semua generasi nasabah merupakan generasi milenial, adanya pertimbangan kesiapan SDM dan sarana prasarana, adanya pertimbangan biaya investasi serta BPR KAS Indonesia memilih untuk lebih fokus menjaga kondisi kesehatan keuangan dan kinerja perusahaan pasca pandemi Covid 19; (3) langkah-langkah menuju penerapan SIM terdigitalisasi maksimal diantaranya mempersiapkan mindset digital, menetapkan peta blue print digitalisasi, melakukan analisasi SWOT, melakukan edukasi pemanfaatan digitaliasai ke nasabah dan tahap pengambilan keputusan; (4) implikasi dan dampak dari sistem informasi manajemen (SIM) terdigitalisasi yaitu adanya perubahan cara transaksi nasabah, perubahan pola pikir, cara kerja dan model bisnis BPR KAS Indonesia, memberikan kemudahan dalam proses pengambilan keputusan untuk meminimalkan resiko perusahaan, proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien, serta berimplikasi pada munculnya fintech yang bisa menjadi tantangan ataupun peluang bagi BPR KAS Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi manajemen, revolusi industri 4.0, digitalisasi perbankan, eksistensi, bank perkreditan rakyat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Akuntansi (S2)
Depositing User: NI MADE SUKARMIASIH
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:17
Last Modified: 22 Oct 2023 07:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17762

Actions (login required)

View Item View Item