EKSISTENSI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BUDAYA ADAT KEBO-KEBOAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK SISWA SMPN 2 PESANGGARAN

Novita, Puput (2023) EKSISTENSI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BUDAYA ADAT KEBO-KEBOAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK SISWA SMPN 2 PESANGGARAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914041009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914041009-ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914041009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914041009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1914041009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914041009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914041009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914041009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914041009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keanekaragaman budaya yang ada di wilayah Alammalang banyuwangi dengan warisan adatnya, khususnya upacara adat kebo-keboan, yang selain sebagai bentuk pelestarian budaya, upacara adat ini tentunya juga mempunyai kandungan yang penting. Dengan perpaduan pendidikan Pancasila dan pendidikan multikultural yang diterapkan dalam pengembangan materi pendidikan siswa SMPN 2 Pesanggaran, maka nilai-nilai Pancasila dan budaya mempunyai keterkaitan erat dan saling melengkapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses pelaksanaan upacara adat Kebo-keboan dan mempelajari apa saja nilai-nilai Pancasila serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mempelajari makna nilai Pancasila dalam Kebo-keboan. Upacara adat keboan pada pengembangan materi pendidikan. Pancasila di SMPN 2 Pesanggaran. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Alasmalang serta SMPN 2 Pesanggaran di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Bupati Banyuwangi, Jawa Timur. Subyek penelitian ini adalah tokoh masyarakat desa Alasmalang serta guru PKN SMPN 2 Pesanggaran. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian prosesi adat kebo-keboan yang menjadi tradisi di Desa Alasmalang, setiap tahapan prosesi mempunyai makna tersendiri yang tidak terlepas dari nilai-nilai Pancasila. Nilai sakral dari upacara adat kebo-keboan ini adalah keimanan kepada Tuhan melalui kegiatan selamatan desa atau persembahan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai-nilai kemanusiaan dalam upacara adat kebo-keboan dapat diartikan sebagai sikap tidak melupakan rasa syukur dan saling menghormati antar manusia, apapun asal usulnya. Nilai persatuan dalam upacara adat Kebo-keboan diwujudkan melalui beragam bentuk partisipasi masyarakat tanpa memandang ras, suku, dan agama, menjadikan upacara adat Kebokeboan sebagai wadah untuk mempererat solidaritas dalam masyarakat. Nilai kerakyatan dalam upacara adat kebo-keboan ditunjukkan melalui proses pengambilan keputusan yang selalu mengedepankan nilai pertimbangan dan mufakat pada setiap tahapan prosesi adat. Nilai keadilan dalam upacara adat kebo-keboan terlihat pada pembagian tugas yang kooperatif dalam pelaksanaan kegiatan ini, serta pembagian pangan yang adil dan merata. Berdasarkan kompilasi bahan ajar oleh Bapak Halex Wahyu S.Pd, tentang sejarah lahirnya Pancasila, norma dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kesatuan NKRI dan ciri khas daerah, kebhinekaan Indonesia, menghargai lingkungan hidup dan budaya setempat. Gotong royong dan kerjasama. Bahan ajar utamanya adalah nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam upacara adat Kebo-keboan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pancasila, bahan ajar, eksistensi, implikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Puput Novita
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:24
Last Modified: 23 Oct 2023 08:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17797

Actions (login required)

View Item View Item