Pengembangan Model Latihan Gerak Dasar Non-Lokomotor Berbasis Permainan Untuk Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyuning Tahun Pelajaran 2022/2023

Putera, Komang Wahyu Arika (2023) Pengembangan Model Latihan Gerak Dasar Non-Lokomotor Berbasis Permainan Untuk Peserta Didik Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyuning Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011031-COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011031-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1)
1916011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 2)
1916011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1916011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1916011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1916011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011031-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan gerak dasar non-lokomotor berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi sekolah dasar yang produknya dikemas dalam bentuk buku. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini instrumen bentuk angket atau kuesioner dalam skala skor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi pembelajaran memperoleh 95,2% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh 94,6% (sangat baik), uji ahli bahasa memperoleh 92% (sangat baik). Selanjutnya, produk pengembangan melalui uji coba perorangan memperoleh 92,6% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh 93,6% (sangat baik), uji coba kelompok besar memperoleh 94,6% (sangat baik), dan uji kepraktisan memperoleh 98% (sangat baik). Diperoleh simpulan bahwa penelitian dan pengembangan ini dinyatakan layak dan dapat digunakan. Saran kepada pengajar untuk mengimplementasikan buku model latihan gerak dasar non-lokomotor berbasis permainan pada mata Pelajaran PJOK yang relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Non-lokomotor, Kelas Tinggi, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Komang Wahyu Arika Putera
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:52
Last Modified: 24 Oct 2023 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item