PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERABASIS PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING PADA MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 SUMBERKLAMPOK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Pradita, Made Krisna Astu (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERABASIS PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING PADA MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 SUMBERKLAMPOK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021049-COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021049-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021049-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021049-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021049-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021049-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021049-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021049-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki dasar pada (1) menguraikan desain video animasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah, (2) menilai validitas dan efektivitas video animasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan. Penelitian ini menerapkan model ADDIE dan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan tes. Partisipan melibatkan berbagai pihak, termasuk ahli dalam bidang isi pembelajaran, desain pembelajaran, dan media pembelajaran, serta siswa individu dan kelompok di SD Negeri 2 Sumberklampok. Dalam penelitian ini, teknik analisis data melibatkan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan uji-t. Hasil penelitian mencakup tahapan pengembangan video pembelajaran dan uji coba produk yang mendapat penilaian positif dari ahli desain pembelajaran (95% sangat baik), uji coba perorangan (87,2% sangat baik), dan uji coba dalam kelompok kecil (80% sangat baik). Video pembelajaran animasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV di SD Negeri 2 Sumberklampok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Video, Animasi, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Made Krisna Astu Pradita
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:57
Last Modified: 26 Oct 2023 06:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item