Sari, Gusti Ayu Permata (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI PADA BIMBINGAN KLASIKAL WAWASAN DAN KESIAPAN KARIR UNTUK PENDIDIKAN PRA-VOKASIONAL KELAS IX DI SMP N 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051045-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051045-ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051045-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran gamifikasi di kelas IX SMP N 6 Singaraja. Platform yang digunakan dalam proses pembuatan media ini adalah articulate storyline 3. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan media MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini dilakukan pada kelas IX dengan jumlah siswa 32 orang dan seorang guru bimbingan konseling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan sebuah angket. Hasil dari penelitian ini dibuktikan dengan hasil tingkat validitas media pembelajaran gamifikasi dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada ui ahli isi dan ahli media pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid”. Hasil dari uji coba perorangan mendapatkan persentase 87% dengan kriteria “Baik”, lalu hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan hasil uji coba lapangan mendapatkan hasil sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Baik” . Dan hasil terakhir pada uji respon guru mendapat nilai 42 dengan kategori kriteria “Sangat Praktis”. Kata Kunci : Media Pembelajaran Gamifikasi, Wawasan dan kesiapan karir, MDLC, R&D, articulate storyline
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Gamifikasi, Wawasan dan kesiapan karir, MDLC, R&D, articulate storyline |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | GUSTI AYU PERMATA SARI |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17875 |
Actions (login required)
View Item |