PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI PADA BIMBINGAN KLASIKAL WAWASAN DAN KESIAPAN KARIR UNTUK PENDIDIKAN PRA-VOKASIONAL KELAS IX DI SMP N 6 SINGARAJA

Sari, Gusti Ayu Permata (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI PADA BIMBINGAN KLASIKAL WAWASAN DAN KESIAPAN KARIR UNTUK PENDIDIKAN PRA-VOKASIONAL KELAS IX DI SMP N 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051045-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051045-ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051045-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran gamifikasi di kelas IX SMP N 6 Singaraja. Platform yang digunakan dalam proses pembuatan media ini adalah articulate storyline 3. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan media MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini dilakukan pada kelas IX dengan jumlah siswa 32 orang dan seorang guru bimbingan konseling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan sebuah angket. Hasil dari penelitian ini dibuktikan dengan hasil tingkat validitas media pembelajaran gamifikasi dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada ui ahli isi dan ahli media pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid”. Hasil dari uji coba perorangan mendapatkan persentase 87% dengan kriteria “Baik”, lalu hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan hasil uji coba lapangan mendapatkan hasil sebesar 92% dengan kriteria “Sangat Baik” . Dan hasil terakhir pada uji respon guru mendapat nilai 42 dengan kategori kriteria “Sangat Praktis”. Kata Kunci : Media Pembelajaran Gamifikasi, Wawasan dan kesiapan karir, MDLC, R&D, articulate storyline

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Gamifikasi, Wawasan dan kesiapan karir, MDLC, R&D, articulate storyline
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: GUSTI AYU PERMATA SARI
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:48
Last Modified: 24 Oct 2023 05:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17875

Actions (login required)

View Item View Item