PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Arthana, I.G. Ngurah Arya Bayu (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011025-COVER.pdf

Download (387kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011025-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dalam konteks aljabar sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini mengikuti model ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Aplikasi Articulate Storyline digunakan dalam proses pengembangan. Validitas isi dan validitas media diukur dengan menggunakan alat penilaian LORI, sementara tingkat kepraktisan dievaluasi dengan menggunakan Kuesioner Pengalaman Pengguna (UEQ). Efektivitas media ini diukur dengan menganalisis Nilai N-Gain berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang interaktif, termasuk elemen "drag and drop," yang juga mencakup evaluasi yang berisi soal-soal pemecahan masalah. Selain itu, media ini dapat menyimpan hasil pekerjaan pengguna.. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan validitas materi mencapai angka 4,8 dan validitas media mencapai angka 4,9, yang menunjukkan kategori sangat valid. Uji coba media pembelajaran interaktif dilaksanakan terhadap 26 siswa kelas VII B di SMP Negeri 2 Sawan. Hasil dari uji kepraktisan menunjukkan rata-rata skor dari aspek daya tarik mencapai 1,91 (kategori excellent), kejelasan sebesar 1,88 (kategori good), efisiensi sebesar 1,96 (kategori excellent), ketepatan sebesar 1,91 (kategori excellent), stimulasi sebesar 1,93 (kategori excellent), dan kebaruan sebesar 1,79 (kategori excellent). Selain itu, uji efektivitas dilakukan dengan menganalisis N-Gain Score berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil N-Gain Score dan kriteria yang ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa 12 orang atau 46% siswa memiliki kriteria N-Gain Score yang rendah, 14 orang atau 54% siswa memiliki kriteria N-Gain Score sedang, dan tidak ada siswa yang mendapatkan kriteria N-Gain Score yang tinggi. Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk materi aljabar kelas VII SMP dinyatakan praktis digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran, interaktif, pemecahan masalah, validitas, kepraktisan, efektifitas.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I. G. Ngurah Arya Bayu Arthana
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:12
Last Modified: 25 Oct 2023 05:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17983

Actions (login required)

View Item View Item