Ramdani, Ade Fitri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK UNTUK PENCEGAHAN BULLYING BAGI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061031-COVER.pdf Download (862kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061031-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik elektronik untuk pencegahan bullying bagi anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Denpasar tahun ajaran 2022. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitaif diperoleh dari penyebaran kuesioner dan hasil tes yang diberikan kepada siswa yang meliputi pre-test dan pos-test. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media komik elektronik diawali dengan tahap pengembangan ADDIE. Uji kelayakan video komik elektronik menggunakan instrumen kuisioner. Uji kelayakan terdiri dari uji ahli isi pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Hasil uji isi pembelajaran oleh memperoleh persentase sebesar 96,6% dengan kualifikasi sangat baik dan revisi sesuai komentar dan saran. Uji desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kualifikasi baik dan revisi sesuai saran. Hasil uji media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik dan revisi sesuai saran. Hasil uji perorangan yang dilakukan oleh 3 anak dengan masing-masing memiliki hasil belajar tinggi, sedang dan rendah yang memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik tanpa revisi. Hasil uji kelompok kecil yang dilakukan oleh 9 anak dengan masing-masing memiliki tingkat hasil belajar tinggi, sedang dan rendah yang memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik tanpa revisi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan maka produk media komik elektronik berbasis vedio dinyatakan layak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Komik Elektronik, Pencegahan Bullying, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ade Fitri Ramdani |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:36 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18042 |
Actions (login required)
View Item |