THE IMPLEMENTATION OF JEOPARDY GAME IN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SINGARAJA TO IMPROVE SPEAKING SKILLS

Wahyuni, Ni Made Sania Indri (2023) THE IMPLEMENTATION OF JEOPARDY GAME IN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SINGARAJA TO IMPROVE SPEAKING SKILLS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021092-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021092-ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021092-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021092-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021092-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk mengetahui implementasi dari Jeopardy game dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa di SMP Negeri 4 Singaraja dan mengetahui pendapat dari siswa mengenai Jeopardy game. Penelitian ini dilaksanakan dengan metoder CAR (Classroom Action Research), yaitu penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di kelas. Hasil yang signifikan ditemukan bahwa penerapan Jeopardy game dalam ruang kelas di SMP Negeri 4 Singaraja berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan pendapat positif diberikan oleh siswa mengenai Jeopardy game. Peningkatan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa dilihat dari skor yang meningkat dari siswa. Di awal penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa skor rata-rata Pre-Test adalah 65,5. Sejumlah 72,2% memperoleh nilai lebih tinggi dari Ketuntasan Minimal 60. Sisanya, 27,8% kelas tidak mencapai standar. Setelah siklus kedua dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test 2 adalah 71,5. Sejumlah 100% memperoleh nilai lebih tinggi dari Kriteria Penguasaan Minimal 60. Tidak ada siswa yang tidak memenuhi standar tersebut. Skor maksimum adalah 80, sedangkan 64 adalah nilai prestasi minimal. Ada dua hal penting yang diperhatikan dalam penerapan Jeopardy game ini, meliputi motivasi belajar siswa dan paparan bahasa inggris ke siswa. Dengan siswa menikmati jalannya pembelajaran, ini meningkatkan motivasi belajar yang mengarah ke meningkatnya kemampuan siswa. Paparan bahasa inggris di kelas membuat siswa terbiasa dalam menggunakan bahasa inggris saat berinteraksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jeopardy game, speaking skill, speaking skill improvements
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Made Sania Indri Wahyuni
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:10
Last Modified: 26 Oct 2023 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item