Gender-Based Error Analysis of Students’ Descriptive Texts of Phase E Perhotelan at SMK Negeri 1 Sukasada

Dian Asvini, Kadek (2023) Gender-Based Error Analysis of Students’ Descriptive Texts of Phase E Perhotelan at SMK Negeri 1 Sukasada. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081015-COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081015-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2129081015-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2129081015-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2129081015-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081015-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2129081015-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (797kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081015-LAMPIRAN.pdf

Download (807kB)

Abstract

Asvini, Kadek Dian (2023), Gender-Based Error Analysis of Students’ Descriptive Texts of Phase E Perhotelan at SMK Negeri 1 Sukasada. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diuji oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, M.A dan Pembimbing II: Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : gender, error analysis, sources of error Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis klasifikasi kesalahan yang dilakukan siswa saat menulis teks deskriptif dan sumber kesalahan tersebut berdasarkan jenis kelaminnya. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa Fase E Perhotelan SMKN 1 Sukasada. Terdapat dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini: identifikasi tabel untuk klasifikasi kesalahan siswa berdasarkan teori Dulay, Burt, dan Krashen (1982) dan tabel identifikasi sumber kesalahan siswa berdasarkan teori Brown (2000). Empat langkah utama dalam menganalisis data untuk penelitian ini diadopsi dari teori Miles, Huberman, dan Saldana (2014): pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, setelah menganalisis 51 teks deskriptif, diketahui bahwa siswa Fase E Perhotelan melakukan empat klasifikasi kesalahan yang berbeda dalam teks mereka, dengan ditemukan 501 kesalahan; 220 kesalahan (43,9%) pada teks siswa laki-laki dan 281 kesalahan (56,1%) pada teks siswa perempuan. Pertama, ditemukan 117 omision pada teks siswa laki-laki; Sedangkan pada teks siswa perempuan ditemukan 129 omision. Kedua, 44 addition pada teks siswa laki-laki dan 104 addition pada teks siswa perempuan. Ketiga, ditemukan 54 misformasi pada teks siswa laki-laki, dan 44 misformasi ditemukan pada teks siswa perempuan. Untuk misordering siswa laki-laki dan perempuan mempunyai jumlah kesalahan yang sama yaitu 4 kesalahan. Setelah menganalisis klasifikasi kesalahan, sumber kesalahan tersebut juga dianalisis. Hasilnya menunjukkan empat sumber kesalahan menulis yang mempengaruhi siswa laki-laki dan perempuan: interlingual transfer, intralingual transfer, learning context, and communication strategy. Context of learning menghasilkan kesalahan terbanyak sebanyak 290 kesalahan, disusul interlingual transfer sebanyak 170 kesalahan, intralingual transfer sebanyak 35 kesalahan, dan communication strategy sebanyak 6 kesalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gender, error analysis, sources of error
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: KADEK DIAN ASVINI
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:45
Last Modified: 27 Oct 2023 02:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18054

Actions (login required)

View Item View Item